Mutiara Hadist

" Sesungguhnya Allah SWT. berfirman pada hari kiamat : Mana orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku ? hari ini akan Aku naungi ( tolong ) mereka, dimana tidak ada naungan ( pertolongan ) yang lain selain dari-Ku. " ( HR. Muslim )

Sponsors

Promo




Rabu, 14 Januari 2009

Makanan Khas Indonesia

Indonesia adalah negara dengan kekayaan alam yang luar biasa, termasuk didalamnya adalah jenis makanan khas yang tidak ada di negara lain. Berjuta macam makanan khas hadir dalam menu makanan yang selalu tersaji di atas meja makan ataupun sebagai jajanan yang banyak dijajakan di berbagai tempat, mulai pinggir jalan sampai mall-mall besar.

Dengan berbagai rasa dan bentuk, makanan khas Indonesia ternyata juga disukai oleh turis-turis asing yang datang berkunjung ke negeri kita ini, dari Bandung kita kenal makanan khas yang sangat terkenal seperti Serabi ( bahasa Sundanya Surabi ), Peuyeum ( Tape yang terbuat dari singkong ), Colenak ( Di cocol enak ) yang terbuat dari tape singkong yang dibakar dan disiram gula merah yang telah dibuat kinca serta diberi serutan keju atau serutan kelapa tergantung kita, selain itu ada mie kocok, batagor ( baso tahu goreng ), comro ( oncom dijero ), misro ( nu amis dijero ), sementara kalau minumannya yang sangat terkenal ada bajigur dan bandrek.

Dari daerah lainnya seperti Jawa Timur, kita kenal makanan Rujak Cingur, Pudak Gresik , Tahu Campur Lamongan, Pecel Madiun, Wingko Babat, Nasi Mawut Malang, Tahu Tek Malang, dan masih banyak lagi.

Sementara dari berbagai daerah lainnya seperti Medan atau Sumatera Utara kita kenal Bika Ambon, Angsle. Dari Padang pasti kita kenal dengan Rendang-nya, yang sangat familiar karena yang namanya rendang selalu hadir di restoran-restoran Padang yang tersebar hampir si seluruh wilayah Indonesia.

Kita buat daftarnya :
1. Bali-julukan: Pulau Dewata
  • Makanan: Betutu, Lawar, Rujak Kuah Pindang, Tipat Cantok, Pelecing, Sate Pelecing ( Singaraja), Sio Bak Singaraja, Serombotan,Entil, Tum, Babi Guling, Be Mesere, Lawar Kuwir, Be Genyol,Sate Lilit, Sate Sere lemo, Taluh Mebejek, Rujak Cuka, Rujak Bancih, Be Pasih sambel Matah, Sudang Sudaji, Gerang Sambel Bawang, Sambel Bongkot, Pesan Clengis, Pesan Polo, Sate Be Pasih
  • KUE : Jaja Uli, Jaja Bendu, Kelepon, Laklak, Lupis, Ongol - Ongol,Bubuh Sumsum,
  • Snack : Kacang Asin, Kacang Disco, Keripik Sela
  • Minuman: Brem, Kopi Bali
2. Jakarta :
  • Makanan: Sop kambing, Ketoprak,
    Minuman: Es teler
3. Jember :
  • Makanan: Suwar-suwir
4. Kediri :
  • Makanan: Tahu
5. Ketapang :
  • Makanan: Asam pedas sembilang terong asam, Asam pedas tempoyek, ketupat Colet dan sambal ale ale, serundeng ale ale
  • Kudapan: Jenurai, bingke kelapa muda, amplang, kekicak, jenjorong.
6. Madiun :
  • Makanan: Pecel
7. Magelang :
  • Makanan: Kupat Tahu
  • Kudapan: Getuk, Wajik
8. Makassar :
  • Makanan: Coto Makassar, palu basa, palu butung, palu mara, sop sodara, nyuknyang, jalangkote, putu, kacang disko, mie TiTi,pisang epe, ikan bakar, sop konro
  • Minuman: Es Palubutung, es pisang ijo
9. Manado :
  • Makanan: Bubur Manado, RW, Sambel Dabu-Dabu
  • Minuman: Saguer
10. Padang :
  • Makanan: Rendang , Dendeng Balado , Ikan Sampadeh, nasi ramas
  • Minuman: Teh Talua (Teh Telur)
11. Palembang :
  • Makanan: Pempek, Tekwan
12. Pekalongan :
  • Makanan: Megono
13. Pekanbaru :
  • Makanan: Lempok Durian, Kue Bangkit
  • Minuman: Jus jagung
14. Pontianak :
  • Makanan: Ikan Asam Pedas
  • Minuman: Es lidah buaya
15. Purwokerto :
  • Makanan: Mendoan
16. Semarang :
  • Makanan: Lumpia, Tahu Pong, Tahu Gimbal
17. Salatiga :
  • Makanan: Enting - enting
  • Minuman: Es Cendol, Es Campur
18. Solo :
  • Makanan: Timlo
19. Tegal :
  • Makanan: tahu aci, tahu pletok, pilus, kerupuk antor, kacang bogares, soto tauco, martabak lebaksiu, kerupuk mie, lengko
  • Minuman: teh poci, teh gopek, teh botol sosro, dawet beras&aci
20. Yogyakarta :
  • Makanan: Gudeg, geplak, tiwul, gaplek, gatot, bakpia, yangko, rempeyek, apem,
  • Minuman: Es Dawet, wedang ronde, wedang secang, minuman rosella, wedang jahe, wedang bajigur
21. Bojonegoro :
  • Makanan: Ledre ( kue / keripik pisang raja )
22. Cirebon :
  • Makanan : Nasi Lengko, Empal Gentong ( semacam gulai yang terbuat dari daging sapi namun dimasak di gentong atau guci ), kerupuk melarat
23. Cianjur :
  • Makanan : Sale Pisang, Asinan atau Manisan buah-buahan, Tauco
Nah itu yang saya ingat, tentu masih banyak jenis makanan dan minuman khas yang ada di Indonesia ini, kalau ada yang mau nambahin silahkan saja.

sebagian diambil dari wikipedia indonesia

7 komentar:

bening mengatakan...

wah.. bengkulu nggak masuk nih..
padahal ada lempuk durian... tempoyak... bagar hiu.. tau nggak bagar hiu.. ya.. makanan dari ikan hiu...

Joy Setiawan mengatakan...

terimakasih atas masukannya, memang yang saya tulis hanya sebagian kecil dari jutaan jenis makanan khas Indonesia...itupun yang saya ingat, lempok durian, tempoyak saya sudah tahu tapi lupa...hehehe, namun kalau bagar hiu saya belum tahu....siapa tahu kalau ke bengkulu nanti saya mau cicipi seperti apa makanannya.....

Sholahuddin mengatakan...

Rembang juga belum.
Ada lontong tuyuhan dan sayur petis yang aroma dan cita rasanya dahsyat. Menyengat tapi nikmat.

cerpen kita mengatakan...

kalo masalah makanan emang buanyak banget.
sumbangin pikiran di blogq juga ya...

rayearth2601 mengatakan...

nambahin ah..

makanan khas kota Pati,
Nasi gandul

hehe
salam kenal mas

Anonim mengatakan...

@Bening:
Setujuuuuuuuuu.. Bagar Hiu adalah makanan khas Bengkulu yang harus dicoba. RECOMMENDED!!

Cuma ada di Bengkulu. Untuk gampang membayangkan, tau rendang? Nah, seperti itulah wujudnya tapi dari Ikan Hiu yang masih muda.. Jadi sangat empuk...

Tambahkan lagi, Ikan Pais, Sambal Tempoyak, dll. Wualah.. Ambo jadi nak balik ke Bengkulu kalu cak iko ceritonyo...

*mulai roaming bahasanya*

Bakul Cemilan dot Com mengatakan...

Makasih banyak infonya nih. berguna bgt :) ...ntar diupdate terus ya.

Iklan