Mutiara Hadist

" Sesungguhnya Allah SWT. berfirman pada hari kiamat : Mana orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku ? hari ini akan Aku naungi ( tolong ) mereka, dimana tidak ada naungan ( pertolongan ) yang lain selain dari-Ku. " ( HR. Muslim )

My Project

Tailor-made Logo Design at 99designs

Sponsors

Promo




Senin, 05 Maret 2007

Tenggelamnya Kapal Tampomas ll, 27 Januari 1981












KAPAL TAMPOMAS II SAAT TERBAKAR/ SEBELUM TENGGELAM [DOKUMENTASI SANGIHE; 19A/49/80; tempointeraktif )


Tanggal 27 Januari 1981 Pkl 12.45 WIB, kapal kebanggaan Indonesia Tampomas II tenggelam dan terkubur di lautan luas Masalembo, Ujung Pandang. Ratusan penumpang tewas, lainnya hilang ditelan samudra.

Jumlah penumpang kapal naas itu, yang terdaftar berjumlah 1054 orang, ditambah 82 awak kapal. Namun, seperti juga terjadi pada KM Senopati Nusantara yang kini masih dalam pencaharian, di Tamponas II terdapat ratusan penumpang gelap hingga keseluruhannya mencapai 1442 orang. Tim penyelamat memperkirakan 432 orang tewas (143 mayat ditemukan dan 288 orang hilang bersama kapal). Sementara, 753 orang diselematkan. Sumber lain menyebutkan korban sebenarnya mencapai 666 orang.

Proses karamnya KMP Tampomas II berlangsung selama tiga hari. Dimulai dengan terbakarnya kamar mesin akibat puntung rokok. Tenggelamnya KMP ini merupakan kecelakaan laut terbesar kala itu. Nakhoda Tampomas II yang tewas bersama ratusan penumpang yang ikut terjun ke laut, sempat berteriak, ''Sabotase! Sabotase!'' Begitu derasnya gelombang laut, banyak mayat yang ditemukan di perairan Sulawesi, jauh dari tempat tenggelamnya kapal.

sumber : www.republika.co.id

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mengapa penyelidikan tenggelamnya kapal tersebut dibungkam pemerintah? Apa benar isu kapal itu sengaja ditenggelamkan karena memuat senjata? Apakah kebetulan setelah persis 27 tahun, Pak Harto pun meninggal dunia?

Iklan