Mutiara Hadist

" Sesungguhnya Allah SWT. berfirman pada hari kiamat : Mana orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku ? hari ini akan Aku naungi ( tolong ) mereka, dimana tidak ada naungan ( pertolongan ) yang lain selain dari-Ku. " ( HR. Muslim )

Sponsors

Promo




Senin, 08 Oktober 2007

Pasukan Khusus di Indonesia

Foto : Detasemen 88 - Latihan Penyergapan

Seperti di negara-negara lainnya, Indonesia tentu mempunyai pasukan khusus yang bertugas khusus pula, mereka diantara adalah :

Detasemen 88

Satuan ini diresmikan oleh Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Firman Gani pada tanggal 26 Agustus 2004. Detasemen 88 yang awalnya beranggotakan 75 orang ini dipimpin oleh Ajun Komisaris Besar Polisi Tito Karnavian yang pernah mendapat pelatihan di beberapa negara.

Arti angka 88 pada tulisan Detasemen Khusus 88 ini seperti yang diterangkan di wikipedia indonesia menyerupai dua buah borgol. Angka 88 merupakan representasi dari korban peristiwa bom Bali pada tahun 2002 dari warga asing yang mengalami korban terbanyak yaitu Australia. Makna "88" berikutnya adalah, angka "88" tidak terputus dan terus menyambung. Ini artinya bahwa pekerjaan Detasemen 88 Antiteror ini terus berlangsung dan tidak kenal berhenti. Angka "88" juga menyerupai borgol yang maknanya polisi serius menangani kasus ini.

Pasukan khusus ini dibiayai oleh pemerintah Amerika Serikat melalui bagian Jasa Keamanan Diplomatik (Diplomatic Security Service) Departemen Negara AS dan dilatih langsung oleh instruktur dari CIA, FBI dan US. Secret Service. Kebanyakan staf pengajarnya adalah bekas anggota pasukan khusus AS. Pusat pelatihannya terletak di Megamendung, 50 KM selatan kota Jakarta.

Komando Pasukan Khusus ( Kopassus )

Pasukan yang bersifat khsusus dan rahasia lainnya adalah Kopassus yang merupakan singkatan dari Komando Pasukan Khusus, adalah bagian dari Bala Pertahanan Pusat yang dimiliki oleh TNI Angkatan darat yang memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror.

Dalam perjalanan sejarahnya, Kopassus berhasil mengukuhkan keberadaannya sebagai pasukan khusus yang mampu menangani tugas-tugas yang berat. Beberapa operasi yang dilakukan oleh Kopassus diantaranya adalah operasi penumpasan DI/TII, operasi militer PRRI/ Permesta, Operasin Trikora, Operasi Dwikora, penumpasan G30S PKI, Pepera di Irian Barat ( Papua ), Operasi Seroja di Timor Timur, operasi pembebasan sandera di Bandara Don Muang-Thailand ( Woyla ), Operasi GPK di Aceh, operasi pembebasan sandera di Mapenduma, serta berbagai operasi militer lainnya.

Prajurit Kopassus dapat mudah dikenali dengan baret merah yang disandangnya, sehingga pasukan ini sering disebut sebagai pasukan baret merah. Kopassus memiliki moto Berani, Benar, Berhasil.

Secara garis besar satuan dalam Kopassus dibagi dalam lima Grup, yaitu:

  • Grup 1/ Para Komando - berlokasi di Serang, Banten
  • Grup 2/ Para Komando - berlokasi di Kartasura, Jawa Tengah
  • Pusat Pendidikan Pasukan Khusus - berlokasi di Batujajar, Jawa Barat
  • Grup 3/ Sandhi Yudha - berlokasi di Cijantung, Jakarta Timur
  • Satuan 81/ Penanggulangan Teror - berlokasi di Cijantung, Jakarta Timur

Kecuali Pusgikpassus, yang berfungsi sebagai pusat pendidikan, Grup-Grup lain memiliki fungsi operasional (tempur). Dengan demikian struktur Pusdikpassus berbeda dengan Grup-Grup lainnya. Masing-masing Grup (kecuali Pusdikpassus), dibagi lagi dalam batalyon, misalnya: Yon 11 dan 12 (dari Grup 1), serta Grup 21 dan 22 (dari Grup 2).

Korps Pasukan Khas ( Paskhas )

Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (disingkat Korpaskhasau atau Paskhas atau sebutan lainnya adalah Baret Jingga), merupakan pasukan (khusus) yang dimiliki TNI AU. Sama seperti satuan lainnya di TNI AD dan TNI AL, Paskhas merupakan satuan tempur darat berkemampuan tiga matra: laut, darat, udara. Hanya saja dalam operasi, tugas dan tanggungjawab, Paskhas lebih ditujukan untuk merebut dan mempertahankan pangkalan udara dari serangan musuh, untuk selanjutnya menyiapkan bagi pendaratan pesawat kawan. Kemampuan satu ini disebut Operasi Pembentukan dan Pengoperasian Pangkalan Udara Depan (OP3UD).

Motto Paskhas:

Karmaye Vadikaraste Mafalesu Kadacana,

artinya :

bekerja tanpa menghitung untung dan rugi

Komando Pasukan Katak ( Kopaska )

Korps Pasukan Katak disingkat KOPASKA adalah pasukan khusus dari TNI Angkatan Laut. Semboyan dari korps ini adalah "Tan Hana Wighna Tan Sirna" yang berarti "tak ada halangan yang tak dapat dikalahkan". Korps ini secara resmi didirikan pada 31 Maret 1962 oleh Presiden Indonesia waktu itu Soekarno untuk membantunya dalam masalah Irian Jaya. Pasukan khusus ini sebenarnya sudah ada sejak 1954.

Bapak dari Kopaska adalah Kapten Pelaut Iskak dari sekolah pasukan katak angkatan laut di pangkalan angkatan laut Surabaya. Tugas utama dari pasukan ini adalah pengeboman bawah air termasuk penyerangan kapal dan pangkalan musuh, penghancuran instalasi bawah air, pengintaian, mempersiapkan pantai untuk operasi amfibi yang lebih besar serta antiteroris. Jika tidak sedang ditugaskan dalam suatu operasi, tim beranggotakan 7 orang ditugaskan menjadi pengawal pribadi VIP seperti presiden dan wakil presiden Indonesia.

Itu adalah pasukan khusus yang ada di Indonesia, namun itu hanya baru sebagian karena masih ada pasukan khusus lainnya seperti Batalyon Intai Amfibi, Detasemen Bravo 90, Detasemen Jala Mengkara dll.

2 komentar:

mitora in life mengatakan...

wah, infonya... bener-bener.. :)

btw, trus klo pasukan cakrabirawa tuh masuk yang mana ya pak??

Shopping Blog mengatakan...

Before finding out about links of london uk watches you should be familiar with some of the terminology. cheap links of london The word horology has two meanings; it is the study or science of measuring time links london jewellery or the art of making clocks, watches, and devices for telling links of london sale time.Since the first appearance of man on the earth an effort has links of london silver been made to determine time.The tracking of the sun's movement across discount links of london the sky, candles that were marked at intervals.

Iklan