BannerFans.com

Mutiara Hadist

" Sesungguhnya Allah SWT. berfirman pada hari kiamat : Mana orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku ? hari ini akan Aku naungi ( tolong ) mereka, dimana tidak ada naungan ( pertolongan ) yang lain selain dari-Ku. " ( HR. Muslim )

Sponsors

Promo




Senin, 10 Desember 2007

Minuman Khas Indonesia

Kita sudah terlalu sering mendengar dan juga mencicipi berbagai minuman bermerk yang berasal dari negara-negara lain, seperti Coca Cola, Pepsi, Gatorade dll. Namun pernahkan anda tahu bahwa Indonesia juga sangat kaya dengan berbagai minuman khas dari berbagai daerah. Minuman khas tersebut ada yang terbuat dari Air Nira, dari Air Tape atau dari berbagai bahan khas Indonesia seperti Bajigur atau Bandrek. Nah agar lebih paham dengan berbagai minuman tersebut, ini saya ada beberapa yang mungkin perlu diketahui :

Bandrek

Bandrek adalah minuman tradisional orang Sunda dari Jawa Barat. Minuman ini cocok untuk dihidangkan pada saat-saat yang dingin, seperti di kala hujan ataupun malam hari. Bahan dasarnya yang paling penting adalah jahe dan gula merah, tapi daerah-daerah tertentu menambahkan rempah-rempah tersendiri agar hangatnya lebih terasa, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya. Bisa juga ditambah Susu atau tidak, tergantung dari selera. Banyak orang percaya akan khasiatnya untuk penyakit ringan seperti sakit tenggorokan. Ada juga bandrek yang dikhususkan untuk orang dewasa karena efek panasnya. Selain itu Bandrek juga bisa disantap dengan ditemani berbagai panganan khas lainnya seperti Comro, Getuk, Pisang Goreng, Kacang Rebus, Singkong Rebus dll.

Bajigur
Bajigur juga merupakan minuman khas orang Sunda. Minuman ini biasa kita dapati dijual dengan menggunakan gerobak atau memakai tanggungan yang dipikul yang menyertakan kompor sebab minuman ini lebih enak bila diminum dalam keadaan hangat. Bajigur sering diminum pada sore hari apalagi di hari yang hujan. Makanan yang sering dihidangkan bersama bajigur adalah pisang rebus,ubi rebus dan kacang rebus. Tidak sulit menemukan minuman ini, karena sampai saat ini minuman tersebut banyak dijual di pinggir jalan atau di warung-warung yang terletak di sepanjang jalan. Minuman ini bagahn utamanya adalah santan kelapa dan juga gula merah serta daun pandan yang berfungsi sebagai pewangi. Kalau anda penasaran belum mencobanya, silahkan datang ke Bandung, khususnya ke Jalan Supratman atau pusat-pusat jajanan di Bandung yang banyak di tempat-tempat Factory Outlet.

Es Cendol
Es Cendol juga merupakan minuman khas yang berasal dari Jawa Barat, bahan utamanya adalah cendol yang berwarna hijau yang terbuat dari tepung beras yang dibuat dengan cara dikukus kecil-kecil yang dicampur dengan tepung beras ketan kemudian dikasih pewarna yang biasanya diambil dari daun pandan yang berwarna hijau, sehingga ketika dimakan akan terasa kenyal. Cendol tersebut ketika dihidangkan akan dicampur dengan santan dan gula merah cair serta diberi potongan buah nangka matang, kemudian ditambahkan es batu. sehingga cocok disantap ketika udara sedang cerah.

Sekoteng
Sekoteng adalah minuman asli Jawa Tengah. Sekoteng adalah minuman berasa jahe yang biasa dihidangkan panas. Bahan lain yang biasanya dicampur ke dalam minuman sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina dan potongan roti. Sekoteng biasa dihidangkan pada malam hari atau ketika udara sedang dingin. Sekoteng biasanya dijual keliling dengan menggunakan gerobak pikul. Satu sisi untuk panci air jahe beserta kompornya sedangkan sisi lain adalah tempat bahan campuran dan tempat mempersiapkan sekoteng. Sekoteng rasanya selain manis, juga hangat menyegarkan.

Es Cincau
Adalah sejenis minuman penyegar dengan bahan utama yang mirip agar-agar yang terbuat dari sejenis daun yang dikenal sebagai cincau ( saya tidak pasti apakah kata ini berasal dari bahasa China atau bukan ). Potongan cincau ditambah dengan sirup yang terbuat dari gula merah, santan dan es serut sehingga menjadi minuman penyegar. Cincau yang dipakai berbeda-beda tergantung daun tumbuhan yang dipakai, ada yang berwarna hitam, hijau atau merah.

Es Teler
Es Teler adalah minuman es berisi potongan buah alpukat, kelapa muda, nangka matang, dicampur dengan santan dan diberi sirup serta es serut atau es batu. Variasi lain es teler berisi cicau, kolang kaling, potongan buah apel, pepaya, sawo, melon atau agar-agar, hingga es teler menjadi sulit dibedakan dengan es campur.

Serbat
Serbat adalah minuman khas yang diramu dari bahan-bahan alami, seperti jamu. Bedanya, jika jamu berasa pahit, maka serbat rasanya manis pedas, karena pengaruh jahe. Bentuknya bundar sebesar koin dan berwarna coklat. Ada yang mengatakan serbat merupakan perpaduan ramuan jamu Jawa dan Tiongkok. Ramuan Jawa ini terlihat pada jahe, kencur, merica, serai, cabepuyang, kemiri, adas pulowaras dsb. Sedangkan ramuan dari Tiongkok terlihat pada bahan-bahan ganti, waron, mesoyi, akar, juankiong dan kayu manis. Serbat enak diminum dengan air hangat. Kala musim penghujan atau di daerah pegunungan, serbat banyak diminum untuk menghangatkan badan. Selain itu cocok juga untuk menghilangkan pegal-pegal, perut kembung dan masuk angin.

Minuman khas lainnya adalah Lahang, Degen, Brem dan masih banyak yang lainnya, mungkin masih ratusan atau ribuan macam minuman khas yang berasal dari daerah-daerah seluruh Indonesia. Namun sayangnya, sampai saat ini belum ada yang mengumpulkan nama dan berbagai jenis minuman tersebut dalam sebuah buku, apalagi dibuatkan hak ciptanya.

3 komentar:

elm mengatakan...

semuanya saya suka, karena minuman tradisional emang enak2 sih...

----
Jika Anda membutuhkan info tentang kampus STMIK Jakarta silahkan klik website kami di http://jak-stik.ac.id

Anonim mengatakan...

Before finding out about links of london uk watches you should be familiar with some of the terminology. cheap links of london The word horology has two meanings; it is the study or science of measuring time links london jewellery or the art of making clocks, watches, and devices for telling links of london sale time.Since the first appearance of man on the earth an effort has links of london silver been made to determine time.The tracking of the sun's movement across discount links of london the sky, candles that were marked at intervals.

redy mengatakan...

nice blog ,,this is my first time i visit your site...hope i'll learn much about information on your site..regards

Iklan