Mutiara Hadist

" Sesungguhnya Allah SWT. berfirman pada hari kiamat : Mana orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku ? hari ini akan Aku naungi ( tolong ) mereka, dimana tidak ada naungan ( pertolongan ) yang lain selain dari-Ku. " ( HR. Muslim )

My Project

Tailor-made Logo Design at 99designs

Sponsors

Promo




Kamis, 14 Februari 2008

Konferensi Meja Bundar, 23 Agustus - 2 November 1949

Konferensi Meja Bundar adalah sebuah pertemuan antara pemerintah Republik Indonesia dan Belanda yang dilaksanakan di Den Haag, Belanda dari 23 Agustus hingga 2 November 1949, delegasi Indonesia dipimpin oleh Mohammad Roem sementara delegasi Belanda dipimpin oleh Dr. Van Royen. Dalam perundingan yang cukup alot, akhirnya Belanda harus mengakui kedaulatan Indonesia sebagai negara yang telah merdeka.

Hasil dari Konferensi Meja Bundar (KMB) adalah:
  1. Serahterima kedaulatan dari pemerintah kolonial Belanda kepada Republik Indonesia Serikat, kecuali Papua Barat. Indonesia ingin agar semua bekas daerah Hindia Belanda menjadi daerah Indonesia, sedangkan Belanda ingin menjadikan Papua Barat negara terpisah karena perbedaan etnis. Konferensi ditutup tanpa keputusan mengenai hal ini. Karena itu pasal 2 menyebutkan bahwa Papua Barat bukan bagian dari serahterima, dan bahwa masalah ini akan diselesaikan dalam waktu satu tahun.
  2. Dibentuknya sebuah persekutuan Belanda-Indonesia, dengan monarch Belanda sebagai kepala negara.
  3. Pengambil alihan hutang Hindia Belanda oleh Republik Indonesia Serikat.
Keterangan gambar : gambar 1 menunjukan saat pra sidang Konferensi Meja Bundar di Hotel Des Indes, Batavia 14 April 1949. Gambar 2 adalas saat keberangkatan delegasi Indonesia ke Belanda, gambar 3 delegasi Indonesia tiba di Bandara Schiphol Belanda, 15 Agustus 1949, gambar 4,5,6 dan 7 adalah saat Konferensi Meja Bundar berlangsung di Ridderzaal, Den Haag, Nederland. Sementara gambar 8 saat delegasi Indonesia mendarat kembali di Tanah Air setelah mengikuti Konferensi Meja Bundar dipimpin oleh Mohammad Roem.



2 komentar:

Martin T Teiseran mengatakan...

Bagus yah.... Fotonya memberikan pengetahuan yang baik tenatang negeri kita ini. Perjuanganmencapai kemerdekaan. Tinggal sekarang diisi dengan membangun dan jangan koropsi melulu......malu..... tidak tau malu lagi. Kasihan para pejuang kita memerdekankan negeri untuk membuat koruptor semakin berkuasa, besar dan tidak berprikemanusiaan...kasihan rakyat miskin.

Joy Setiawan mengatakan...

begitulah.......itu emang salah satunya yang saya harapkan.....

Iklan